Minggu, 13 Maret 2011

Maulid membawa ilmu

assalamu'alaikum wr.wb
alhmdulillahirobbil 'alamin wa sholatu wa salamu 'ala sayyidina wa maulana Muhammadinil faatihil lima ughliq wal khotimi limaa sabaq nashiril haqqi bil haqq wal hadi ila shirotikal mustaqim, wa 'ala alihi wa shohbihi haqqo qodrih wa miqdarihil adzhiim.. amma ba'du
qolu.. subhanaka laa ilmalana illa ma 'allamtana innaka antal 'alimul hakim, robbi srohli shodri wa yassirli 'amri wahlul uqdatan millisaani yafqohu qouli. shodaqollohul adzhim..

saudaraku seiman dan seagama.. alhamdulillah sabtu kemarin di masjid Nurul Hikmah di dekat kediaman rumah saya telah mengadakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW pd tgl 12 Maret 2011 kemarin. Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yg telah mengabulkan segala hajat dan keinginan hambanya untuk mengadakan acara tersebut. acara berjalan dengan lancar tanpa ad suatu kendala yg berarti.

acara tersebut  penuh dengan nasihat dan ilmu yang disampaikan oleh guru kami al Mukarrom wal Mukhtarom al Ustadz K.H , Drs. Hasyim Sutardi. beliau banyak memberikan ilmu mengenai akhlak Rasulullah SAW, bagaimana akhlak Rosul ketika berperang, berdagang, bermasyarakat, maupun dalam hal beribadah.



"ketika sahabat bertanya kepada Rosul, yaa Rosulullah bagamanakah cara kita mengetahui bahwa waktu sholat telah tiba,? maka Rosul diam sejenak karena memang belum turun wahyu dari ALLAH SWT, selang beberapa saat ad sahabat yang mengusulkan bagaimana kalo dengan menggunakan lonceng? maka Rosul menjawab,tidak. karena perbuatan tersebut sama seperti umat nasrani yg menggunakan lonceng sebagai tanda waktu ibadah mereka. kemudian sahabat yg lain ad yg mengusulkan bagaimana kalo dengan menggunakan api, kita bakar api unggun sbagai tanda masuk sholat.? maka Rosul menjawab, tidak. karena perbuatan tersebut sama seperti kaum majusi yg menyembah api. sedangkan kita diharuskan berbeda dari mereka. kemudian ad lg sahabat yg mengusulkan bagaimana kalo dengan menggunakan terompet sebagai tanda masuk sholat. maka Rosul menjawab, tidak. karena perbuatan tersebut sama seperti umat yahudi yg menggunakan terompet sebgai tanda waktu ibadah mereka..

akhirnya ALLAH SWT menurunkan wahyu untuk menandakan waktu sholat dengan mengumandangkan adzan yang seperti saat ini kita sering dengar.."

subhanallah.. begitu Agung dan luhur nya agama ini..

itu sedikit kutipan ceramah agama yg disampaikan dalam acara peringatan  Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yg diadakan ditempat yg kami cintai.. 

wallahu a'lam bi showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar